Aplikasi Android Penting Yang Wajib Ada Di HP

Screenshot_2015-01-31-23-22-17

Sudah sekian tahun pakai HP android dan beberapa kali melakukan proses instalasi aplikasi dari awal, karena ganti HP atau factory reset. Dari beberapa proses instalasi ulang, akhirnya terlihat aplikasi apa saja yang wajib ada.

Daftar Aplikasi

Kupluk

Aplikasi pengingat waktu shalat ini cukup berguna dan ringan. Selain itu juga terdapat penunjuk arah kiblat.

Nova Launcher

Sudah beberapa tahun terakhir ini saya pakai Nova Launcher sebagai launcher default. Beberapa kali mencoba alternative yang lain, tapi akhirnya selalu kembali ke Nova karena ringan featurenya cukup banyak. Sampai akhirnya saya beli Nova Prime, sebagai bentuk dukungan bagi pengembangnya.

Timely

Aplikasi timer dengan UI/UX yang cukup cantik.

Sol Calendar

Kalau ini karena saya suka sekali dengan widgetnya.

Firefox Browser

Haha, kalau ini karena saya sering riset Firefox OS (yang bisa juga diinstall ke Firefox for Android). Selain karena saya juga mozillian ­čśÇ

Evernote

Saya pakai evernote untuk HAMPIR semua urusan catat-mencatat, baik untuk kerjaan, maupun keperluan personal.

Google Keep

Kalau ini saya pakai untuk mencatat sesuatu yang simpel, kecil, dan tidak perlu disimpan lama.

Whatsapp, Telegram, dan Skype

Ketiganya adalah sarana komunikasi utama saya, selain Gmail (yang biasanya sudah terinstall secara otomatis). Skype saya gunakan untuk komunikasi internal dengan team di kantor (dan juga dengan client). Whatsapp karena banyak kawan saya yang masih pakai ini. Walau secara perlahan saya coba racuni mereka agar mau pindah ke telegram :D.

MX Player

Aplikasi Video player yang satu ini cukup esensial bagi saya. Karena banyaknya serial yang saya ikuti, Lebih sering serial tersebut saya tonton ketika sedang di perjalanan (menunggu antrian, menunggu istri/anak pulang sekolah, dll). Saya jarang sekali menghabiskan episode yang ada di kantor atau di rumah.

Ingress

Ini satu2nya game yang selalu terinstall pertama kali. Untuk game lain, biasanya saya baru install saat sedang bosan dan tidak ingin kemana-mana.

LastPass

Aplikasi LastPass merupakan pencatat password yang sudah saya pakai sejak 4 tahun yang lalu. Sekarang menjadi semakin tidak tergantikan, sejak kemampuannya untuk juga melakukan auto-complete password di dalam aplikasi android (dengan memanfaatkan feature Accessibility android)

Dropbox

Juga salah satu aplikasi penting yang wajib diinstall, karena banyak dokumen kerjaan yang tersimpan di sana. Kami di 7trees juga menggunakan dropbox untuk sharing files.

VPN Gate List dan OpenVPN Connect

Dua aplikasi yang tidak bisa dipisahkan. VPN Gate List adalah aplikasi yang menampilkan daftar VPN dari layanan VPN Gate yang sedang aktif. Kita pilih salah satu, lalu lakukan setting otomatis ke OpenVPN Connect. Mengapa VPN? Well, pemerintah Indonesia baik sekali berusaha membantu mengurus moral masyarakatnya. Namun sayang, usaha mereka yang sebagian besar diimplementasikan dengan melakukan blokir website, banyak sekali yang berakhir salah sasaran.

Link Bubble

Link Bubble adalah aplikasi yang satu ini sangat cocok untuk kondisi internet di Indonesia, di mana koneksi HSDPA yang diiklankan, kecepatannya tidak lebih cepat dari GPRS, kadang lebih lambat.

Penutup

Banyak juga ternyata daftar aplikasi yang wajib diinstall :D. Bagaimana dengan anda, apa aplikasi yang biasa install pertama kali? Boleh dong di-share di komentar, atau di blog anda sendiri dan kasih linkback ke tulisan ini.

Author: Arief Bayu Purwanto

Hello, my name is Arief Bayu Purwanto, a 24 years old father of a beautiful daughter. Interested in online programming, linux, games, and reading. Currently working on kapanlagi.com as junior developer. I live in a relatively quite and cool place called Malang. I'm available for some freelance stuff as well as some consulting job. You can see my portofolio for some previous task I've finished and some other information related to my capability. Btw, I'm plurking here.