Bisakah Menggunakan PHP Untuk Membuat Aplikasi Firefox OS?

written by Arief Bayu Purwanto on September 13, 2013 in Article with 7 comments

Saya sudah beberapa kali mengisi materi tentang cara membuat aplikasi Firefox OS. Pada setiap kesempatan, selalu saja ada yang menanyakan seperti judul tulisan di atas. Biasanya, pertanyaan ini timbul setelah saya menjelaskan kalau untuk membuat aplikasi Firefox OS, yang dibutuhkan hanya pemahaman mengenai HTML, javascript, dan CSS.

Lalu, apa jawaban yang saya berikan? Biasaya, saya jelaskan dulu tentang arsitektur aplikasi di Firefox OS. Aplikasi di Firefox OS memang menggunakan bahasa yang biasa digunakan untuk membuat website. Tapi… seperti halnya website pada umumnya, elemen2 tersebut (HTML, javascript, dan CSS) hanyalah bahan untuk membuat tampilan front-end (apa yang terlihat oleh user). Sedangkan logika dibelakang di sisi server, digerakkan oleh bahasa lain (saya sengaja tidak mengangkat nodejs, biar tidak membingungkan), misalnya PHP, JSP, ASP.NET, dll. Pada hosted WebApp, aplikasi sama saja dengan website pada umumnya. Yang membedakan hanya, terdapat definisi aplikasi berupa file manifest.webapp yang membuat website tersebut bisa dianggap sebagai aplikasi oleh Firefox OS. Sedangkan pada packaged WebApp, kita hanya membuat front-end (yang terdiri dari kode HTML, javascript, dan CSS).

Jadi, jawabannya apa? Jawabannya, seperti yang sudah dijelaskan mengenai perbedaan kedua jenis aplikasi di atas, kita tidak bisa menggunakan PHP untuk membuat aplikasi Firefox OS. Melainkan kita gunakan hanya di sisi server (apabila aplikasi kita membutuhkan data dari server). Bagaimana komunikasi data antara aplikasi packaged WebApp dengan server? Ya sama dengan seperti yang biasa kita lakukan saat membuat website. Yaitu, dengan menggunakan teknologi AJAX. Atau, dengan menggunakan HTTP request biasa, apabila kita membuat hosted WebApp.