Bisakah Menggunakan PHP Untuk Membuat Aplikasi Firefox OS?

Saya sudah beberapa kali mengisi materi tentang cara membuat aplikasi Firefox OS. Pada setiap kesempatan, selalu saja ada yang menanyakan seperti judul tulisan di atas. Biasanya, pertanyaan ini timbul setelah saya menjelaskan kalau untuk membuat aplikasi Firefox OS, yang dibutuhkan hanya pemahaman mengenai HTML, javascript, dan CSS.

Lalu, apa jawaban yang saya berikan? Biasaya, saya jelaskan dulu tentang arsitektur aplikasi di Firefox OS. Aplikasi di Firefox OS memang menggunakan bahasa yang biasa digunakan untuk membuat website. Tapi… seperti halnya website pada umumnya, elemen2 tersebut (HTML, javascript, dan CSS) hanyalah bahan untuk membuat tampilan front-end (apa yang terlihat oleh user). Sedangkan logika dibelakang di sisi server, digerakkan oleh bahasa lain (saya sengaja tidak mengangkat nodejs, biar tidak membingungkan), misalnya PHP, JSP, ASP.NET, dll. Pada hosted WebApp, aplikasi sama saja dengan website pada umumnya. Yang membedakan hanya, terdapat definisi aplikasi berupa file manifest.webapp yang membuat website tersebut bisa dianggap sebagai aplikasi oleh Firefox OS. Sedangkan pada packaged WebApp, kita hanya membuat front-end (yang terdiri dari kode HTML, javascript, dan CSS).

Jadi, jawabannya apa? Jawabannya, seperti yang sudah dijelaskan mengenai perbedaan kedua jenis aplikasi di atas, kita tidak bisa menggunakan PHP untuk membuat aplikasi Firefox OS. Melainkan kita gunakan hanya di sisi server (apabila aplikasi kita membutuhkan data dari server). Bagaimana komunikasi data antara aplikasi packaged WebApp dengan server? Ya sama dengan seperti yang biasa kita lakukan saat membuat website. Yaitu, dengan menggunakan teknologi AJAX. Atau, dengan menggunakan HTTP request biasa, apabila kita membuat hosted WebApp.

Author: Arief Bayu Purwanto

Hello, my name is Arief Bayu Purwanto, a 24 years old father of a beautiful daughter. Interested in online programming, linux, games, and reading. Currently working on kapanlagi.com as junior developer. I live in a relatively quite and cool place called Malang. I'm available for some freelance stuff as well as some consulting job. You can see my portofolio for some previous task I've finished and some other information related to my capability. Btw, I'm plurking here.

  • Ini jadi masalah bos, soalnya jarang ada yang ngerti apa beda aplikasi server-side sama client-side!

    BTW, salut sama orang indonesia dengan reputasi terbesar di stackoverflow. Nice blog! =)

    • Hai!

      Ya gitu deh, emang kudu sering2 edukasi developer agar bisa membedakan antara server dan client-side.

      Boleh minta URL profile Stackoverflow-nya?

      • Oke, sekarang saya udah masuk 10 besar user dari Indonesia :)

        • Oki Erie Rinaldi

          cara cek ’10 besar dari Indonesia’-nya gimana? 😀

          Tahun lalu (lupa bulannya) saya pernah masuk top 20%-an this month

      • Oki Erie Rinaldi

        Iya, masa developer ga tau perbedaan server-side sama client-side!? Itu kan dasar banget -_-

  • Pingback: Freelancer's Playground! | Laporan SeminarMozilla “Introduction to Firefox OS” di Technowars UNIKAMA 2014()

  • Oki Erie Rinaldi

    Ohh,, gitu to.