Seputar Marketplace Dan Firefox OS

written by Arief Bayu Purwanto on January 9, 2013 in Opini with no comments

Baca-baca tulisan PandoDaily tentang appstores in general dan rencana launching appstore punya Firefox OS, jadi ingat kalau beberapa hari yang lalu dikasih iklan firefox marketplace, sewaktu buka firefox for android. Jadi, Mozilla sekarang punya marketplace yang alamatnya di http://marketplace.firefox.com/.

Tadinya, saya mengira kalau kita install aplikasi, modelnya seperti plugin di dolphin browser. yaitu, dengan mendownload aplikasi lewat play store dan firefox akan mengenali kalau ada plugin baru. Ternyata saya salah :D. Kemarin saya coba-coba install. Jadi, marketplace firefox OS, kalau kita menginstall aplikasi, tidak lagi melalui play store. Tapi, langsung lewat mereka. Kita install, nanti akan ada pop-up menanyakan: yakin, mau install aplikasi ini?

Kalau kita lanjut, aplikasi akan terinstall dan disimpan di home screen. Benar2 seperti aplikasi yang diinstall lewat play store!. I’m amazed!. Kalau dibuka juga, tidak membuka browser firefox beta, tapi langsung jalan seperti aplikasi android pada umumnya. Again, I’m amazed!.

Lalu, bagaimana kalau firefox beta saya uninstall, apakah aplikasi yang sudah diinstall lewat marketplace juga ikut hilang? benar sekali, ternyata semua aplikasi yang diinstall melalui marketplace firefox OS ikut hilang, apabila aplikasi firefox beta dihapus.

Terus, apa inti dari tulisan sepanjang ini? Sebenarnya sih, saya cuma mau bilang kalau marketplace sekarang semakin banyak. Developer perlu pintar2 melihat mana marketplace yang cocok untuk dia dan bakal banyak duitnya. Duit di sini, bukan berarti dari direct selling, bisa jadi juga didapat dari outsource project. Perlu dilihat juga sejauh mana masing2 company di belakang marketplace tersebut berusaha memperbesar pasarnya. Saya sendiri belum menentukan mau fokus di mana, karena masih banyak yang baru yang belum terlihat pasarnya. Wait and see dulu selama 2013 ini.