My Blog 2011 Year In Review

Tidak terasa, tinggal sebentar lagi kita akan meninggalkan tahun 2011. Tulisan kali ini, akan membahas perjalanan blog selama tahun 2011. Secara statistik, ada 39 tulisan (40, kalau tulisan ini juga dihitung) yang hampir seluruhnya merupakan tutorial. Ini sudah diperkirakan, karena tujuan blog ini hadir, memang untuk menyebarkan ilmu yang saya punya. Bukan untuk curhat-curhat ndak jelas:D.

Tulisan-tulisan saya yang ada di blog sepanjang tahun ini, sedikit banyak, merupakan refleksi dari apa yang saya lalui. Seperti yang bisa dilihat, pada awal tahun, sekitar bulan Januari-April, tulisan seputar android menguasai halaman. Dimulai dari pengalaman pertama menggunakan android, lalu bagaimana cara melakukan rooting. Juga cara melakukan debugging melalui DDMS, belajar dengan cara reverse engineering. Sampai bagaimana cara kustomisasi android.

Kemudian, pertengahan tahun, saya dihadapkan pada beberapa teknologi pengembangan aplikasi mobile dari Nokia, yaitu Nokia S40 WebApp. Teknologi/platform ini banyak bergantung pada XML maupun JSON, yang menghasilkan tulisan tentang cara membaca data JSON secara manusiawi. Juga ada satu tutorial lengkap bagaimana cara membuat aplikasi S40 WebApp, dengan mengambil contoh API Kateglo.

Selain Nokia S40 WebApp, saya juga mendalami pengembangan aplikasi menggunakan platform Blaast. Pendatang baru (yang ndak benar-benar baru, karena toh orang dibelakangnya sudah cukup lama berkecimpung di dunia mobile) pada platform mobile yang berbasiskan pada javascript. Pengalaman belajar blaast, saya implementasikan pada beberapa tulisan, diantaranya: cara membuat bordered layout, karena API bawaan belum support membuat element yang memiliki border color. Juga cara menggunakan cloud storage sebagai solusi caching data.

Di akhir tahun, saya kembali intense belajar android yang menghasilkan beberapa tutorial, diantaranya: cara memulai development android menggunakan eclipse, cara membuat intent share, trik membuat link pada TextView, serta cara membuat Tab tanpa Activity tambahan. Lalu yang paling baru dan paling lengkap, cara membuat aplikasi database di android.

Selain tutorial-tutorial di atas, ada banyak lagi sebenarnya. Tapi tulisan tersebut merupakan tulisan lepas yang berkaitan dengan satu kasus unik yang saya hadapi dan belum ada solusinya di internet (atau mungkin GoogleFu saya yang mandul:D). Beberapa diantaranya: Trik MySQL menggunakan group_concat(), cara membuat symbolic link di windows, pengalaman menggunakan Unity desktop, pengalaman menggunakan blackberry, tulisan tentang clean sheeting, cara menampilkan daftar referal yang tercatat di Google Analytics, dan banyak lagi lainnya.

Jujur, saya masih kurang puas dengan kualitas tulisan yang ada di blog ini. Jumlah tulisan yang saya buat juga masih jauh dari harapan. Saya inginnya, setiap bulan minimal ada 5-7 tulisan. Tapi, apa daya, waktu nulis sudah tidak sebanyak dulu lagi. Semoga tahun depan saya bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas tulisan yang ada. Sekian review perjalanan blog ini dalam setahun. Bagaimana dengan blog anda? mungkin bisa dishare di comment kalau anda juga menulis?

Author: Arief Bayu Purwanto

Hello, my name is Arief Bayu Purwanto, a 24 years old father of a beautiful daughter. Interested in online programming, linux, games, and reading. Currently working on kapanlagi.com as junior developer. I live in a relatively quite and cool place called Malang. I'm available for some freelance stuff as well as some consulting job. You can see my portofolio for some previous task I've finished and some other information related to my capability. Btw, I'm plurking here.