Selamat Hari Blogger Nasional, 2011

Beberapa tahun yang lalu, saat pertama kalinya diadakan pesta para blogger, menkominfo yang saat itu dijabat oleh Pak Nuh, mencanangkan tanggal 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional. Selama beberapa tahun kemudian, kita masih konsisten mengadakan event dengan semangat untuk silaturahmi blogger.

Biasanya, sekitar bulan mei-juni, gaung persiapan pesta blogger sudah mulai ramai. Sudah banyak yang mengatur dan berkoordinasi demi perhelatan pesta akbar blogger-blogger nusantara. Tapi, tahun ini, sampai bulan oktober, saya tidak mendengan adanya gaung pesta untuk blogger. Memang, ada beberapa event skala besar yang berkaitan dengan blogger. Tapi, saya melihat event-event ini bukan ditujukan untuk merayakan kebebasan kita sebagai blogger. Melainkan, lebih kearah bagaimana mengubah besarnya sumberdaya blogger yang ada, menjadi mesin uang. Terlalu kasar ya? tapi mau bagaimana lagi, memang seperti itulah yang terlihat. Sebagai contoh, acara yang paling dekat, Blogger Nusantara. Kalau dilihat rundown-nya, ada banyak yang diisi oleh entitas bisnis. Walau saya berharap entitas ini mungkin akan berbicara hal yang jauh dari produk-nya dan lebih kearah semangat persatuan blogger. Acara lainnya dan yang menjadi pembunuh dan pengganti pesta blogger, ON|OFF. Ini lebih kentara lagi niatnya dalam menjadikan blogger sebagai sapi perah. Oh, terlalu kasar ya kata-katanya? biarin aja deh, saya juga tidak ada respek dengan mereka yang mematikan pesta blogger. Kenapa saya bisa bilang membunuh? coba buka www.pestablogger.com, apa yang anda dapatkan? Selain itu, coba anda cari di google, kata “pesta blogger” tanpa tanda petik, apa hasilnya?

Saya rasa, karena besarnya, blogger akhir2 ini hanya menjadi entitas untuk diperas dan dimanfaatkan demi keuntungan-keuntungan segelintir orang yang mengatas-namakan komunitas. Tapi, semoga ini hanya perasaan saya saja. Bagaimana dengan pendapat anda?

Author: Arief Bayu Purwanto

Hello, my name is Arief Bayu Purwanto, a 24 years old father of a beautiful daughter. Interested in online programming, linux, games, and reading. Currently working on kapanlagi.com as junior developer. I live in a relatively quite and cool place called Malang. I'm available for some freelance stuff as well as some consulting job. You can see my portofolio for some previous task I've finished and some other information related to my capability. Btw, I'm plurking here.