Widget, Launcher, dan Kustomisasi

Banyak yang bilang, pilih android itu, kalau ingin device yang fully customizable. Saya sih, dulu pilih android supaya bisa belajar develop aplikasi. Tapi, seiring dengan berjalannya waktu, kustomisasi device ini memang tidak bisa dihindarkan. Bukan untuk pamer, tapi lebih kearah kenyamanan penggunaan.

Sebagai contoh, saya pakai Samsung Galaxy 551. Launcher bawaannya adalah TouchWiz yang cukup minimalis. Pada awalnya, masih mencukupi untuk kebutuhan penggunaan sehari2. Tapi, seiring berjalannya waktu, semakin banyak aplikasi yang sering digunakan. Semakin penuh pula home screen yang ada. Dilihat-lihat kok ya jadi berantakan. Akhirnya, dimulai petualangan mencari aplikasi yang cocok untuk menambahkan aplikasi ke home screen sambil tetap menjaga kerapihan.

Setelah banyak berpetualang, akhirnya pilihan jatuh pada Zeam Launcher dan SiMi folder. Saya pilih Zeam karena featurenya yang minimalis dan bisa menambahkan aplikasi ke quick launcher. Dengan cara ini, saya bisa menambahkan beberapa aplikasi yang butuh akses cepat, tanpa mengotori home screen. Selain itu, tampilannya juga sedikit lebih luwes.

Tapi, dengan banyaknya aplikasi yang saya gunakan, solusi ini tidak terlalu bagus. Karena, akan menjadikan quick launcher over crowded. Solusinya, saya pasang aplikasi SiMi Folder. Aplikasi berupa widget yang bisa mengelompokkan aplikasi-aplikasi sejenis kedalam satu folder dan meletakkan folder tersebut kedalam home screen. Saya memilih SiMI karena animasi dan pengemasan aplikasinya yang cukup cantik dan elegan.

Dengan kombinasi kedua aplikasi ini, home screen saya tidak lagi penuh dengan aplikasi-aplikasi yang tertata tidak beraturan. Ini home screen sebelum menggunakan Zeam dan SiMi:

Free Image Hosting at www.ImageShack.us

dan berikut ini adalah home screen setelah dirapihkan:

Free Image Hosting at www.ImageShack.us

Author: Arief Bayu Purwanto

Hello, my name is Arief Bayu Purwanto, a 24 years old father of a beautiful daughter. Interested in online programming, linux, games, and reading. Currently working on kapanlagi.com as junior developer. I live in a relatively quite and cool place called Malang. I'm available for some freelance stuff as well as some consulting job. You can see my portofolio for some previous task I've finished and some other information related to my capability. Btw, I'm plurking here.