2011, Video, Dan Ulang Tahun

2011 ditandai dengan dua event (yup, yang saya tahu cuma dua ini. Kalau kalian tahu lainnya, share saja di komentar / trackback) ulang tahun yang perayaannya berhubungan dengan video. Yaitu 20 tahun Linux dan 50 tahun perjalanan pertama manusia, di antariksa.

kita cerita yang pertama dulu ya. Linux, kalian yang biasa mengikuti tulisan di blog ini, pasti tahu kalau passion saya ada di linux. Walau memang, sesekali saya juga menulis tentang windows. Linux, yang 20 tahun lalu dimulai sebagai proyek iseng anak muda Helsinki, sekarang menjadi salah satu software yang merevolusi dunia. Linux, yang dulunya hanya baris kode yang hanya mampu jalan di hardware 386, sekarang bisa ditemui di berbagai macam hardware. Bahkan, boleh dikatakan kalau sebagian besar waktu yang kita habiskan di internet, bersinggungan dengan linux. Ya, karena, berdasarkan statistik dari W3Techs (yang dikutip dari wikipedia) Sekitar 63.7% server berjalan diatas linux.

Nah, untuk menyambut ulang tahun ke-20 ini, The Linux Foundation menggelar event kontes video dengan hadiah yang sangat menggiurkan. Jadi, kalau kalian sangat senang membuat video dan juga suka linux, silahkan mengirimkan video untuk mengikuti event ini. Selain itu juga merelease video perjalanan linux selama 20 tahun ini.

Berikutnya, 50 tahun perjalanan luar angkasa manusia. Setelah berabad2 manusia bermimpi untuk bisa menjelajah, akhirnya Yuri Gagarin, astronot dari Rusia (dulu Uni Soviet), berhasil menjadi manusia pertama yang menjelajah angkasa pada 12 April 1961. Untuk merayakan ini, dibuatlah video rekaman perjalanan tersebut yang berjudul First Orbit. Video ini terdiri dari kumpulan video yang diambil langsung dari International Space Station yang merupakan stasiun luar angkasa pertama milik manusia. Selain itu, video ini juga menyertakan percakapan dari astronot Yuri dengan mission control di bumi. Video berdurasi 100 menit ini digarap dengan sangat indah, karena juga menyertakan komposisi lagu dari Philip Sheppard. Video ini bisa dilihat secara gratis di situs youtube. Oh iya, sebagai tambahan, video ini disutradarai oleh Christopher Riley yang juga banyak menyutradarai film-film dokumenter BBC.

Bagaimana, cakep kan videonya?

Author: Arief Bayu Purwanto

Hello, my name is Arief Bayu Purwanto, a 24 years old father of a beautiful daughter. Interested in online programming, linux, games, and reading. Currently working on kapanlagi.com as junior developer. I live in a relatively quite and cool place called Malang. I'm available for some freelance stuff as well as some consulting job. You can see my portofolio for some previous task I've finished and some other information related to my capability. Btw, I'm plurking here.