Hemat Bandwidth Dengan Reduce Photo Size

Sejak menjadi salah satu penghuni droidland saya jadi sering jeprat-jepret. Hasilnya, kadang saya upload ke posterous, kadang kirim ke milis. Nah, dengan hp galaxy 551 saya yang memiliki camera dengan 3.2MP-nya, otomatis hasilnya juga file dengan ukuran diatas 1-2Mb. Dengan kondisi bandwidth yang ada di Indonesia, cukup merepotkan juga ini. Oleh karena itu, aplikasi yang termasuk pertama kali saya download adalah, aplikasi pengecil ukuran foto. Saya lupa dulu dapat review dari mana. Yang pasti, saya hanya mendownload Reduce Photo Size saja. Tidak ada yang lain.

Penggunaan aplikasi ini juga sangat intuitif. Reduce Photo Size bisa digunakan sebagai aplikasi standalone, atau dipakai sebagai aplikasi pembantu. Yaitu, aplikasi yang dibangkitkan dari aplikasi lain. Sebagai contoh, kalau saya ingin mengirim ke Gmail. Saya bisa langsung buka aplikasi gmail, buat email baru, lalu attach gambar. Dari opsi yang ada, tinggal pilih Reduce Photo Size. Selebihnya, biar aplikasi tersebut yang menghandle proses pengecilan foto. Cara lainnya adalah, dengan langsung membuka aplikasi Reduce Photo Size, lalu memilih foto yang ingin dikecilkan. Setelah itu, tinggal pilih mau di share kemana.

Cara apapun yang anda pilih, keduanya sama-sama simpel dan straightforward. Sejak menggunakan aplikasi ini, gambar-gambar yang saya kirim, jarang sekali lebih dari 50Kb.

Author: Arief Bayu Purwanto

Hello, my name is Arief Bayu Purwanto, a 24 years old father of a beautiful daughter. Interested in online programming, linux, games, and reading. Currently working on kapanlagi.com as junior developer. I live in a relatively quite and cool place called Malang. I'm available for some freelance stuff as well as some consulting job. You can see my portofolio for some previous task I've finished and some other information related to my capability. Btw, I'm plurking here.

  • saya butuh program seperti ini buat task kantor bikin photonews. meluncur ke TKP. thanks
    biasanya saya pake fast stone photo resizer free juga, bisa diwatermark, multi file, dll