2 Minggu Bersama Android

Posting kali ini, membahas pengalaman ber-android. Setelah 2 minggu menggunakan, rasanya saya sudah dapat beberapa pengalaman menyenangkan. Baik itu yang berhubungan dengan kerjaan, maupun entertainment.

Untuk yang berhubungan dengan kerjaan, saya beberapa kali tertolong oleh samsung galaxy 551 saya. Misal, suatu saat ada client yang minta portfolio kerjaan. Saya sedang mobile dan chating di gtalk dengan beliau menggunakan 551. Saya ingat menyimpan file tersebut di dropbox dan saya juga sudah menginstall aplikasi tersebut di 551. Dengan mudah saya upload file tersebut dari dropbox ke email, tanpa harus membuka komputer. Di lain waktu, saya diajak meeting manajer di kantor. Saya cukup buka aplikasi colornote yang tersedia free di market. Saya catat hal2 yang berhubungan dengan divisi saya. Selesai meeting, tinggal share ke manajer satunya yang sedang dinas ke Jakarta. Semua melalui 551 saya yang memiliki keyboard fisik. Cerita lainnya, melalui fasilitas mail sync android, saya bisa tahu bila ada email, tanpa perlu membuka komputer atau membuka aplikasi gmail di 551.  begitu notifikasi email baru, masuk, langsung buka, cek, bila butuh reply, bisa langsung dibalas saat itu juga. Untuk attachment, saya gunakan DocumentToGo versi gratis yang juga tersedia di market.

Untuk entertainment, ndak banyak yang saya manfaatkan dari 551 ini. Paling-paling hanya game2 sederhana untuk membunuh waktu dan radio serta mp3. Yang paling banyak menggunakan aspek entertainment, malah anak-anak saya. Mereka terlihat sangat senang bisa menerima feedback secara langsung untuk setiap aksi yang dilakukan di layar. Berbeda rasanya dengan saat menggunakan mouse.

Masih banyak yang belum saya lakukan di 551 ini. Contohnya, mencari aplikasi screenshot yang ok, membuat aplikasi android (karena ini sebenarnya salah satu tujuan utama saya membeli device android). Tapi, sejauh ini, saya merasa cukup puas dengan pengalaman 2 minggu menggunakan android. Tunggu saja tulisan-tulisan saya lainnya mengenai android di sini.

Author: Arief Bayu Purwanto

Hello, my name is Arief Bayu Purwanto, a 24 years old father of a beautiful daughter. Interested in online programming, linux, games, and reading. Currently working on kapanlagi.com as junior developer. I live in a relatively quite and cool place called Malang. I'm available for some freelance stuff as well as some consulting job. You can see my portofolio for some previous task I've finished and some other information related to my capability. Btw, I'm plurking here.

  • mbro

    aku pake epad chn ;) android 2.1, udah otomatis ada tombol capturenya (malah bingung cara remove-e).

    Yang paling asik (untuk non development), buat nge-game… ngga perlu pake mouse/keyboard, tinggal pencet-pencet aja. Tapi, ngga tau sampe berapa lama umur layar-e nanti :D

    • enak ya pake epad? Ada rencana sih beli android pad, tapi belum tau yang mana yang bagus dan murah.

  • Aryo Sanjaya

    Gak ada cerita tentang update firmware? apa-apaan?

    Tentang app android, bikinanku yang mungkin kau perlukan:
    http://www.mahesajenar.com/HitungPasaran.apk

    • Belum ada niat update firmware dll. Termasuk juga coba-coba custom rom.

      Oh iya, boleh tuh aplikasinya. Bisa minta sourcenya?

  • Pingback: My Blog 2011 Year In Review « Freelancer's Playground!()

  • Luhgedepagaryani

    mas aku bingung bikin aplikasi pelacak handphone,,,, bisa kasi contoh ga??