Urutan Lampu Merah Yang Aneh

Di Malang, banyak sekali lampu merah, dimana urutan lampu hijaunya sangat aneh (menurut saya). Sebagai contoh, lampu merah di daerah rampal. Hijau dari arah jl. Urip sumoharjo ke jl. Patimura dan sebaliknya.  Secara bersamaan, dari jl. Urip sumoharjo juga boleh jalan ke arah jl. Panglima sudirman (arah kanan). Ini, jelas membuat bingung trafik dari jl. Patimura yang ingin ke jl. Urip sumoharjo. Apalagi, bila pengguna jalan tersebut masih awam jalan-jalan di Malang.

Contoh lain, perempatan belimbing, di jl. Laksamana adi sucipto. Lampu hijau dari arah jl. Raden panji suroso menuju jl. Letjen sunandar priyo sudarmo dan ke arah kanan (jl. Laks. Adi sucipto). Secara bersamaan juga hijau dari arah jl. Letjen sunandar priyo sudarmo menuju jl. Raden panji suroso. Terbayang kan, bagaimana ruwetnya perempatan tersebut, terutama pada jam-jam sibuk?

Ini baru beberapa. Masih banyak perempatan-perempatan aneh bin ajaib lainnya di Malang. Entah bagaimana dulu lampu merah ini di konfigurasi.

Author: Arief Bayu Purwanto

Hello, my name is Arief Bayu Purwanto, a 24 years old father of a beautiful daughter. Interested in online programming, linux, games, and reading. Currently working on kapanlagi.com as junior developer. I live in a relatively quite and cool place called Malang. I'm available for some freelance stuff as well as some consulting job. You can see my portofolio for some previous task I've finished and some other information related to my capability. Btw, I'm plurking here.

  • Bagas

    Menurutku wajar saja. Untuk saat ini cara seperti itu lebih mencegah bottleneck daripada jalan berbarengan berbarengan.
    contoh perempatan blimbing: Lampu hijau dari arah selatan menuju utara akan menyala lebih dahulu daripada lampu hijau arah utara ke selatan. Setelah Kendaraan dari selatan berjalan, dan memberi kesempatan kepada yang mau ke kanan(arah tumpang) (sekitar 3-5 detik) baru lampu hijau dari arah utara menyala. dan gantian begitu dg yang dari arah utara.