Lupakan Semua Password

Maraknya website-website baru akhir-akhir ini mengakibatkan banyaknya akun-akun baru yang harus diingat. Sayangnya, belum banyak website yang mengadopsi penggunaan OpenID. Tapi untung ada layanan website yang memungkinkan kita untuk menyimpan password-password tersebut di satu tempat yang terpusat dan terintegrasi dengan baik ke browser-browser unggulan seperti Chrome, Firefox, dan IE. Sayang, Opera belum didukung, karena Opera belum memungkinkan untuk membuat extensions. LastPass.com, satu dari beragam layanan penyimpan password yang ada, memiliki beragam fitur penting yang diberikan secara gratis. Diantaranya:

Pengingat Password

Ini fitur paling utama dari LastPass.com. Kemampuannya mengingat password ditambah kelebihannya dalam penggunaan multi browser, membuat fitur ini juga bisa menjadi fitur singkronisasi password. Perubahan di satu browser, membuat berubah pula di browser yang lain. Selain itu, password yang di ubah juga bisa kita atur agar melakukan auto login, saat membuka suatu website. Untuk keamanan pengguna, LastPass.com juga memungkinkan untuk otomatis menutup sesi LastPass (bukan sesi website) bila tidak aktif selama xxx menit. Ini sangat bagus, karena kita tidak perlu takut bisa meninggalkan komputer tapi lupa logout dari LastPass.com

Secure Notes

Fitur yang sangat cocok untuk mencatatan akun / akses yang bukan berupa website. Ada beberapa tipe catatan rahasia yang bisa dipakai, diantaranya: Back Account, Credit Card, Database, Driver’s License, Email Account, Instant Messenger, Membership, Passport, Server, Social Security, dan Software License. Apabila ingin mencatat sesuatu yang diluar kategori di atas, bisa menggunakan kategori Generic.

Fill Form

LastPass.com juga memungkinkan kita untuk membuat beberapa profile berbeda yang bisa digunakan untuk mengisi form secara otomatis. Sangat membantu saat mendaftar ke layanan sosial networking yang saat inis sedang menjamur.

Generate Random Password

Kalau ini sebenarnya fitur yang berkaitan dengan pengingat password. Saat kita sedang mendaftarkan akun baru, LastPass.com bisa mengenali dan menawarkan untuk membuatkan password random. Ada beberapa opsi yang bisa digunakan saat membuat password random, diantaranya: panjang password, pilihan set karakter (abjat kecil semua, besar semua, campuran, pakai nomor, pakai karakter spesial, dll), tidak oleh ada karakter yang sama, dan juga memaksa harus ada semua set karakter dalam password random yang dihasilkan.

Dengan LastPass.com, saya bisa membuat password yang acak untuk setiap akun saya tanpa perlu mengingat semua itu. Karena, hanya password LastPass.com saja yang perlu saya ingat. Seperti motonya:

The Last Password You’ll Have to Remember!

Author: Arief Bayu Purwanto

Hello, my name is Arief Bayu Purwanto, a 24 years old father of a beautiful daughter. Interested in online programming, linux, games, and reading. Currently working on kapanlagi.com as junior developer. I live in a relatively quite and cool place called Malang. I'm available for some freelance stuff as well as some consulting job. You can see my portofolio for some previous task I've finished and some other information related to my capability. Btw, I'm plurking here.