Label, Tag HTML Yang Jarang Digunakan

Coba lihat contoh form berikut:

pilih satu
pilih dua

Coba pilih salah satu diantara opsi di atas dengan menggunakan namanya (pilih satu atau pilih dua). Bisa? pasti tidak bisa kan. Padahal, hal seperti itu sudah lumrah di dunia desktop.

Nah, untuk membuat form dengan perilaku yang sama seperti di desktop, dimana kita bisa memilih opsi cukup dengan melakukan klik di text-nya, HTML mampu. Caranya cukup sederhana, dengan menggunakan tag HTML bernama label. Dengan menggunakan tag ini, kita cukup melakukan klik di text-nya, maka opsi yang kita inginkan akan terselect, seperti di desktop.

Bagaimana cara menggunakannya? simpel saja sebenarnya, label memiliki parameter bernama for, yang meminta isi berupa id dari element form yang ingin dipasang. Sebagai contoh, untuk contoh form pilihan diatas, kita bisa menuliskan ulang dengan dukungan label menjadi seperti berikut:

<input type="radio" name="contoh1" id="contoh1"><label for="contoh1">pilih satu</label><br />
<input type="radio" name="contoh2" id="contoh2"><label for="contoh2">pilih dua</label><br />

Yang hasilnya menjadi seperti berikut:


Bagaimana? mudah kan? selain itu juga membuat form anda terlihat lebih professional. Jadi, jangan lupa untuk menggunakan label pada setiap form yang anda buat, karena itu sangat membantu pengguna form anda.

Author: Arief Bayu Purwanto

Hello, my name is Arief Bayu Purwanto, a 24 years old father of a beautiful daughter. Interested in online programming, linux, games, and reading. Currently working on kapanlagi.com as junior developer. I live in a relatively quite and cool place called Malang. I'm available for some freelance stuff as well as some consulting job. You can see my portofolio for some previous task I've finished and some other information related to my capability. Btw, I'm plurking here.