Menampilkan Post Yang Sudah di Schedule Pada Sidebar

Coba anda perhatikan sidebar saya. Di sana ada satu widget dengan nama ‘Future Posts‘ Anda ingin menampilkan hal seperti itu juga?

Kalau iya, berikut cara yang saya gunakan. Sebagai informasi, saya mengimplementasikan hal ini tanpa melakukan modif sama sekali di file template. Semuanya murni menggunakan Widget PHP Code seperti yang saya tulis di artikel yang berjudul Cara menggunakan Kode PHP Sebagai Isi Widget.

Untuk bisa menampilkan data post yang sudah di schedule, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat posting dengan publish date lebih besar dari waktu saat ini. Setelah itu, anda juga harus mengerti bahwa di wordpress ada beberapa macam status posting. Daftarnya, bisa dilihat di halaman codex tentang get_posts. Untuk kasus kali ini, yang kita butuhkan adalah post dengan status future.

Sekarang silahkan tambahkan satu widget PHP Code yang baru ke area widget yang tersedia. Lalu, isikan data berikut:
Title: ‘Future Posts’
Isi widget:

<ul>
<?php
query_posts('post_status=future&order=asc&orderby=date');
//The Loop
if ( have_posts() ) : while ( have_posts() ) : the_post();
  echo "<li>";
  echo the_date();
  echo "<br />";
  echo the_title();
  echo"</li>";
endwhile; else:
   echo "<li>there's no future post at the moment.</li>";
endif;
?>
</ul>

Penjelasannya adalah, kita menggunakan fungsi wordpress yang bernama query_posts. Sebagai parameter, kita gunakan ‘post_status=future&order=asc&orderby=date‘. Yang artinya adalah: ambil semua post yang memiliki status ‘future’ lalu urutkan secara ascending (dari yang terkecil ke yang terbesar) berdasarkan tanggal posting. Untuk daftar parameter yang lebih lengkap, silahkan dibaca manual tentang query_posts.

Sampai disini, widget sudah bisa memunculkan posting yang sudah kita schedule. Selebihnya tinggal bagaimana anda ingin melakukan customisasi tampilan sesuai selera.

Author: Arief Bayu Purwanto

Hello, my name is Arief Bayu Purwanto, a 24 years old father of a beautiful daughter. Interested in online programming, linux, games, and reading. Currently working on kapanlagi.com as junior developer. I live in a relatively quite and cool place called Malang. I'm available for some freelance stuff as well as some consulting job. You can see my portofolio for some previous task I've finished and some other information related to my capability. Btw, I'm plurking here.

  • itu Future Post kalo nulis URL manual lewat address bar bisa diakses ndak?

    • Bisa, kalau dia logged in dan author dari tulisan tersebut.