Cara Menampilkan Widget Hanya Pada Kondisi Tertentu

Widget pada wordpress merupakan suatu feature yang sangat indah. Karena, hal ini sangat memudahkan dalam menambah maupun mengurangi informasi tambahan pada suatu website. Sebab, tidak perlu mengubah template untuk bisa menambah, daftar komentar terbaru, misalkan. Tapi, hal ini juga cukup menyulitkan, bila kita ingin menampilkan widget pada kondisi tertentu.

Sebagai contoh, bisa saja kita membuat / memasang widget daftar komentator pada halaman depan. Tapi, menghilangkannya pada halaman arsip dan mengganti dengan, daftar random artikel, mungkin. Atau mungkin pada website dengan banyak author, pada halaman artikel ditambahkan widget daftar artikel dan komentar dari penulis.

Untuk tujuan ini, yang dibutuhkan adalah sedikit pengetahuan tentang PHP (terutapa pada kondisi percabangan (if-else, etc) dan pengetahuan tentang conditional tags di wordpress. Kenapa? karena tulisan kali ini akan mengupas tentang plugin bernama Widget Logic. Saat anda menginstall dan mengaktifkan, plugin ini akan menambah 1 field baru di masing-masing widget yang terpasang, yang bernama *duh* widget logic. Plugin ini akan meminta input dengan format PHP. Dia bisa menerima segala macam perintah PHP maupun function2 wordpress yang akan diletakkan dalam kondisi sebagai berikut. Misalkan, anda ingin widget hanya tampil di halaman depan, maka anda bisa mengisikan widget logic dengan is_home(). Yang mana, oleh widget logic akan di artikan sebagai:

<?php
if(  is_home()  ){
   //do widget here
}
?>

Perhatikan kode diantara di dalam if(). Seperti itulah hasil dari widget logic. Sehingga, anda harus berhati-hati dalam menggunakan plugin ini. Bila salah kode, bisa jadi blog anda tidak bisa dikunjungi, karena terjadi error di PHP. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan baca halaman FAQ dan other notes plugin ini. Atau tanyakan juga di halaman komentar. Apabila saya mengerti, akan saya bantu menjawab.

Author: Arief Bayu Purwanto

Hello, my name is Arief Bayu Purwanto, a 24 years old father of a beautiful daughter. Interested in online programming, linux, games, and reading. Currently working on kapanlagi.com as junior developer. I live in a relatively quite and cool place called Malang. I'm available for some freelance stuff as well as some consulting job. You can see my portofolio for some previous task I've finished and some other information related to my capability. Btw, I'm plurking here.