Cara Bodoh Mengakali Akses Website Yang Di Blok

Disclaimer: Apa yang saya tuliskan disini ditujukan untuk sistem operasi linux dengan distro ubuntu. Jangan tanya cara implementasinya di Windows.

Tip kali ini, kita akan menggunakan dua jalur koneksi internet. Pertama, menggunakan koneksi asli (biasanya sih koneksi kantor ;)) ) yang memblok suatu situs. Kedua, koneksi backup untuk mem-bypass blok suatu situs. Saya sendiri untuk koneksi backup menggunakan telkomsel flash *BE, Kawos!*, karena koneksi kantor lebih cepat ;)).

Cek Routing Jaringan

Step pertama yang harus dilakukan adalah menghubungkan komputer anda dengan kedua jalur koneksi yang ada. Setelah itu, lihat routing network di komputer anda dengan ip route.

Pada gambar diatas terlihat 2 jalur device pada routing yang ada. Dengan routing default menggunakan koneksi dev eth1 dan menggunakan gateway 192.168.0.1. Kita akan bermain-main dengan device ppp0 (dev ppp0) dimana pada gambar diatas menggunakan IP 114.121.48.75.

Tentukan Target!

Langkah berikutnya adalah menentukan situs2 mana yang ingin kita routing menggunakan flash, sedangkan situs-situs sisanya menggunakan routing default eth1. Untuk kasus kali ini kita akan menggunakan facebook sebagai target karena di kantor juga sedang di blok ;)). Sebagai catatan, untuk mentarget facebook, kita perlu mengetahui IP www.facebook.com, facebook.com, dan fbcdn.com. Selanjutnya tinggal mengeksekusi perintah ping www.facebook.com, ping facebook.com, dan ping fbcdn.com. Dengan informasi yang kita dapat dari perintah ping, selanjutnya adalah memasukkan routing yang baru untuk IP tersebut ke table routing.

Lompati Proxy

Sebelum kita bisa melompati proxy dengan memasukkan routing yang baru, kita lihat dulu apakah IP target itu tetap atau berubah-ubah. Kalau yang ingin kita target situs besar, biasanya IP mereka berubah-ubah. Cara ceknya gampang saja, tinggal ping lagi alamat situs target anda, apakah IP addressnya berubah atau tetap? lakukan ini sebanyak 3-5 kali untuk meyakinkan.
Kalau anda yakin IP address tetap, gunakan subnet 32. Kalau ternyata berubah-ubah, gunakan subnet 24. Lebih jauh soal subnet silahkan baca entry di wikipedia. Oke, cukup soal subnet, sekarang implementasinya! Masih inget kan IP flash diatas? Baik, kita gunakan IP itu sebagai tujuan routing, caranya:
sudo ip route add 69.63.180.0/24 via IP_FLASH dev ppp0. Dimana, 69.63.180.0/24 adalah range 254 untuk subnet IP-nya facebook. Untuk diketahui, pada catatan saya, facebook menggunakan range dari 69.63.176.0/24 sampai 69.63.180.0/24. Jadi anda bisa memasukkan ke lima range tersebut ke dalam routing jaringan di komputer anda. Caranya cukup ulangi command ip route add diatas dengan mengganti range IP.

Selamat menjelajah, kalau ada pertanyaan, silahkan ditanyakan disini. Kalau saya bisa akan saya coba bantu, kalau tidak… ya maap:D. Kalau ada saran yang lebih baik juga silahkan di lontarkan disini. Juga, kalau ada pembaca yang ngerti cara implementasi trik ini di windows, silahkan share, atau kalau mau dibuat blog sendiri, kirimkan permalink-nya. Nanti saya beri link dari sini.

Author: Arief Bayu Purwanto

Hello, my name is Arief Bayu Purwanto, a 24 years old father of a beautiful daughter. Interested in online programming, linux, games, and reading. Currently working on kapanlagi.com as junior developer. I live in a relatively quite and cool place called Malang. I'm available for some freelance stuff as well as some consulting job. You can see my portofolio for some previous task I've finished and some other information related to my capability. Btw, I'm plurking here.

  • mangtabz! :D

  • mangtabz! 😀

  • Aduuh ribet banged…
    Kalo saya sih pake web proxy ajah biar gampang
    tinggal make http://www.pastemedia.net misalnya
    langsung deh isiin website yang mo diakses dan klik Go. Jadi deh instant cepat mudah ga ribet :D

    • Meh, pake web proxy itu:
      1.Lebih lambat, karena speednya kepotong di web proxy
      2.Rawan password dicuri sama yang punya web proxy
      3.Ndak cool, soalnya kebanyakan iklan!

  • Aduuh ribet banged…
    Kalo saya sih pake web proxy ajah biar gampang
    tinggal make http://www.pastemedia.net misalnya
    langsung deh isiin website yang mo diakses dan klik Go. Jadi deh instant cepat mudah ga ribet 😀

    • Meh, pake web proxy itu:
      1.Lebih lambat, karena speednya kepotong di web proxy
      2.Rawan password dicuri sama yang punya web proxy
      3.Ndak cool, soalnya kebanyakan iklan!

  • ditunggu tips buat wondows-nya,…

  • ditunggu tips buat wondows-nya,…

  • cowspy

    Klo facebook diblok, masuk lewat proxy aja, contohnya http://www.cowspy.com
    Dijamin maknyuss