Meningkatkan Accessibility / Usability dengan Compiz

I Like The Way Compiz Improve Usability

Kalimat diatas ini sudah beberapa hari bertengger di status YM saya. Ya, ternyata compiz memang menawarkan accessibility/usability yang lebih baik. Ambil contoh plugin Move Window. Selama ini, kalau kita ingin memindah window, biasanya selalu melakukan dengan men-drag titlebar. Kalau plugin ini aktif, cukup tekan ALT+Button1[1] dimana saja pada window yang ingin di pindah. Jadi, tidak harus taruh mouse ke titlebar terlebih dahulu. Plugin berikutnya adalah Enhanced Zoom Desktop. Dengan plugin ini, kita bisa zoom desktop tanpa membuka aplikasi tambahan dan zoom ini dilakukan LANGSUNG di desktop anda. Namanya juga zoom desktop ;)). Lalu, ada plugin screenshoot yang berguna untuk meng-capture sebagian dari windows, langsung tanpa aplikasi tambahan. Caranya, tekan Super+Button1[2], drag ke area yang ingin di capture, lepas bila sudah sesuai dengan keinginan. Hasil drag ini akan masuk ke directory tujuan (yang sudah di set terlebih dahulu[3]) sebagai file gambar. Plugin ini akan lebih asik bila dikombinasikan dengan plugin annotate. Annotate, gunanya untuk mencoret2 desktop. Tujuan aslinya sih untuk mencatat langsung di desktop, tapi saya biasa gunakan untuk menutupi bagian sensitif dari window yang ingin saya capture. Misal ingin capture contoh login, tapi tidak ingin memperlihatkan username-nya. Annotate bisa di inisialisasi dengan tombol ALT+Super+Button1. Ada kalanya juga kita butuh suatu tingkat kontras yang tinggi. Misal, hmm… apa ya… lupa…:p. Yah, pokoknya kalau butuh melihat warna yang kontras, bisa pakai plugin Negative. Plugin ini cara kerjanya sama seperti kalau pakai theme “high contrast inverse”, hanya saja disini langsung di terapkan tanpa harus ganti-ganti theme terlebih dahulu.

Bagaimana? asik kan pakai linux+compiz. Makanya, kalau belum pernah coba, buruan dicoba. Kan ada live CD gratis dari ubuntu shipit. Gimana bisa bilang linux gak cool kalau coba aja belum pernah :D.

[1] Button1 adalah alias compiz untuk klik kiri pada mouse.
[2] Super adalah alias compiz untuk tombol Win.
[3] Untuk menampilkan setting lebih lanjut silahkan lihat posting saya terdahulu tentang kostumisasi compiz di ubuntu (Hardy).

Author: Arief Bayu Purwanto

Hello, my name is Arief Bayu Purwanto, a 24 years old father of a beautiful daughter. Interested in online programming, linux, games, and reading. Currently working on kapanlagi.com as junior developer. I live in a relatively quite and cool place called Malang. I'm available for some freelance stuff as well as some consulting job. You can see my portofolio for some previous task I've finished and some other information related to my capability. Btw, I'm plurking here.