Money Management with KMyMoney

Sudah 4 bulan sejak saya keluar dari rutinitas kantor (pekerjaan kantor) pada awal Desember 2006. Alasan saya keluar, selain sudah bosan dengan perbandingan yang tidak sesuai antara waktu dan tenaga yang saya berikan dengan imbalan yang saya dapatkan juga karena saya ingin melakukan pekerjaan yang mandiri. Sejak saat itu, saya mulai melakukan perhitungan antara pemasukan dan pengeluaran yang terjadi. Hal ini dikarenakan saya sudah tidak lagi mendapatkan gaji tetap setiap bulannya, sehingga saya harus bisa mengetahui dari mana saja pemasukan yang saya dapatkan dan kemana saja perginya setiap rupiah yang saya keluarkan.

Pada masa-masa awal, saya (sebenarnya yang melakukan aksi pencatatan sih istri saya) melakukannya dengan menggunakan buku tulis biasa. Setiap hari dilakukan pencatatan, keluar kemana saja uangnya dan berapa besar yang keluar. Pada masa2 ini saya belum berfikir untuk menggunakan software dalam melakukan pencatatan, karena saya berfikir ini terlalu berlebihan. Namun, sudah sejak seminggu ini saya menggunakan software KMyMoney. Hal ini dikarenakan software ini sendiri memiliki fitur manajemen akun yang saya implementasikan untuk menyimpan / mencatatan berapa besar uang saya di masing2 pos?. Karena pos pemasukan saya sekarang bukan lagi dari gaji bulanan, melainkan dari website bursa proyek (scriptlance) dan bank online E-Gold. Dimana pada dua pos itu mata uang yang dipakai adalah dolar($), sedangkan mata uang yang saya pakai sehari-hari dalam proses pencatatan adalah rupiah (Rp). Satu lagi kelebihan software ini adalah kemampuannya untuk melakukan singkronisasi nilai tukar secara online (walaupun belum saya coba), disamping lisensinya yang Open Source.

Author: Arief Bayu Purwanto

Hello, my name is Arief Bayu Purwanto, a 24 years old father of a beautiful daughter. Interested in online programming, linux, games, and reading. Currently working on kapanlagi.com as junior developer. I live in a relatively quite and cool place called Malang. I'm available for some freelance stuff as well as some consulting job. You can see my portofolio for some previous task I've finished and some other information related to my capability. Btw, I'm plurking here.