Win Merge


Bagi para developer yang berkerja secara kolaborasi saat harus menggabungkan hasil pekerjaannya, terkadang akan menjadi saat yang sangat merepotkan. Sebab masih diharuskan mengecek, file siapa yang terbaru dari masing2 developer, file nama saja yang sudah di ubah, apa saja yang berupah dari file tersebut.
Bagi pengguna linux, sebenarnya hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan perintah diff. Ataupun memasang software Revision control yang banyak tersedia seperti subversion, CVS, dll.

Lalu, bagaimana dengan pengguna windows?. Kalau anda pernah menggunakan produk Visual Studio dari Microsoft, tentu anda pernah mendengan Visual SourceSafe. Saya sendiri belum pernah menggunakan sourcesafe.

Keuntungan dari software revision control adalah kemampuannya untuk mencatat perubahan yang terjadi pada suatu file, sampai yang terkecil. Namun, bila anda hanya ingin melakukan penggabungan beberapa file saja, maka penggunaan software tersebut diatas sangatlah berlebihan. Karena hanya dengan software sederhana sekelas winmerge saja, sebenarnya kebutuhan anda sudah terpenuhi. Sebab winmerge sendiri mampu melakukan pengecekan perbedaan sampai tingkat huruf. Software ini juga mampu menggabungkan 2 file yang berbeda, tergantu opsi yang kita pilih. Software ini sangat membantu para developer yang berkerja secara kolaborasi, termasuk saya.

Author: Arief Bayu Purwanto

Hello, my name is Arief Bayu Purwanto, a 24 years old father of a beautiful daughter. Interested in online programming, linux, games, and reading. Currently working on kapanlagi.com as junior developer. I live in a relatively quite and cool place called Malang. I'm available for some freelance stuff as well as some consulting job. You can see my portofolio for some previous task I've finished and some other information related to my capability. Btw, I'm plurking here.